Rabu, 09 Maret 2011

Info Potter: "ilmu hitam dalam harry potter"

Dalam cerita fiksi Harry Potter, Ilmu Hitam terdiri dari mantra-mantra dan barang-barang yang sering digunakan untuk kejahatan. Penggunanya disebut dan tergolong kepada Penyihir Hitam, yang paling menonjol di antara para penyihir hitam di serial Harry Potter adalah Lord Voldemort. Pengikutnya, yang disebut sebagai Pelahap Maut, juga menggunakan sihir hitam.
Menurut Severus Snape, Ilmu Hitam “banyak jenisnya, bervariasi, selalu berubah-rubah, abadi…..tak dapat dikontrol, berpindah-pindah, dan tidak dapat dimusnahkan”.
Ilmu Hitam selalu muncul sebagai sihir yang digunakan untuk tujuan kriminal dan banyak mantra sihir hitam yang digunakan dan dipelajari oleh orang-orang, dari buku yang berlabel Ilmu Hitam. Dalam duel sihir, banyak sekali mantra-mantra yang digunakan untuk menyerang, melucuti senjata dan sebagainya tanpa menimbulkan luka yang serius. Namun, para penyihir hitam melakukan eksperimen untuk menemukan sihir hitam tersebut. Sebagai contoh, ada beberapa mantra Ilmu Hitam yang digunakan dalam duel seperti Kutukan Cruciatus dan Sectumsempra. Mantra tadi tergolong kepada Ilmu Hitam karena menimbulkan luka yang sangat serius kepada korbannya.

Di sisi lain, banyak penyihir selain penyihir hitam yang menggunakan sihir hitam. Karena mereka termotivasi akan dendam. Seperti halnya Harry, dia tidak enggan menggunakan kutukan Cruciatus kepada Bellatrix, ketika Sirius sudah tewas olehnya. Begitu juga Voldemort, dia menggunakan sihir hitam karena dendam kepada ayah-mugglenya karena dia telah meninggalkan ibunya sejak lahir. Dan Voldemort pun bertujuan untuk memusnahkan Muggle dari dunia ini.
Selain itu, menggunakan sihir hitam dapat merusak jiwa dan raga seorang penyihir. Tujuan Voldemort adalah memperpanjang hidupnya sampai dia banyak dan terus melakukan percobaan dengan ilmu hitam dengan resiko yang sangat tinggi. Efek positifnya, Voldemort mendapat kekuatan besar sehingga ia dapat membagi jiwanya, berpenampilan dengan wujud bukan manusia. Sampai akhirnya, wajahnya pun tidak setampan dulu.
Menggunakan Sihir Hitam adalah illegal. Oleh karena itu, para penyihir pun anti kepada sihir hitam. Maka, banyak sekolah sihir seperti Hogwarts yang menyediakan mata pelajaran Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam sebagai subjek utama. Dalam mata pelajaran ini dipraktikan bagaimana menggunakan mantra yang dapat melucuti senjata, mantra pelindung dsb. Juga mempelajari bagaimana mengatasi Makhluk sihir hitam yang berbahaya. Di sisi lain, ada juga sekolah yang mempelajari Ilmu Hitam seperti Durmstrang.
Penyihir Hitam
Berikut ini adalah orang-orang yang diketahui sebagai penyihir hitam
1. Lord Voldemort (Pemimpin Pelahap Maut)
2. Borgin (Pemilik Borgin & Burkes)
3. Caractacus Burke (Pemilik Borgin & Burkes)
4. Hepzibah Smith (diketahui telah membeli dan kolektor barang-barang Ilmu Hitam di Knockturn Alley)
5. Morfin Gaunt (menyerang muggle dengan sihir hitam yang dapat menimbulkan penyakit kulit)
6. Gellert Grindelwald
7. Morgan Le Fay (musuh Merlin di zaman Raja Arthur)
8. Herpo si Pelanggar (penemu Basilisk)
9. Salazar Slytherin (membuat kamar rahasia, dan menempatkan Basilisk di Kamar Rahasia, kamar itu akan dibuka sampai pewaris sejatinya tinggal di Hogwarts untuk menyerang kelahiran Muggle)
Sihir Hitam
Kutukan sihir hitam merupakan bentuk penyerangan yang dapat merusak psikis dan fisik target. Oleh karena itu, Kementrian Sihir melarang semua orang dalam komunitas penyihir menggunakan kutukan sihir hitam. Namun kutukan sihir hitam boleh digunakan oleh para Auror dalam melaksanakan tugasnya.
Di bawah ini merupakan beberapa mantra dan kutukan yang dikenali sebagai sihir hitam
1. Avada Kedavra (Kutukan Pembunuh): Membunuh target dengan tidak meninggalkan jejak. Termasuk satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan
2. Crucio (Kutukan Cruciatus): Memberikan rasa sakit yang luar biasa kepada targetnya. Termasuk satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan
3. Imperio (Kutukan Imperius): Kontrol Penuh terhadap suatu objek. Termasuk satu dari Kutukan Tak Termaafkan
4. Fiendfyre: Kutukan yang berbentuk api yang besar dan biasanya api tersebut membentuk menyerupai makhluk-makhluk gaib seperti Chimaera dan Naga. Fiendfyre tidak dapat dimusnahkan oleh Aguamenti. Api ini dapat membinasakan Horcrux
5. Terbang (Flight): memang sihir ini bila tidak dipahami secara teliti ini bukan sihir hitam. Namun orang biasa walaupun penyihir normal sekalipun, tidak dapat terbang di langit bebas tanpa sapu terbang atau alat transportasi lainnya. Biar bagaimanapun Voldemort dapat terbang dengan kemampuan dirinya sendiri, bahkan yang pertama. Dan dia mengajarkan itu kepada Severus Snape dan Quirinus Quirell.
6. Mantra Horcrux: kutukan sihir hitam yang pengucapannya dan caranya tidak diketahui. Dan ini berfungsi untuk membelah jiwa seorang penyihir ke benda yang akan dijadikan Horcrux. Dan untuk membuat satu Horcrux, penyihir harus membunuh satu orang terlebih dahulu.
7. Inferius: mantra yang tak diketahui caranya. Dan ini digunakan oleh penyihir hitam seperti Voldemort untuk membangkitkan mayat yang telah mati, dan mayat hidup tersebut berada di bawah kontrolnya.
8. Morsmordre: Memunculkan Tanda Kegelapan di udara. Kemungkinan sihir ini dibuat oleh Voldemort sendiri.
9. Petrification: Sihir yang berfungsi untuk membuat seseorang menjadi membatu untuk selamanya. Dan sihir itu akan hilang bila objek itu terbunuh. Dan sihir ini tidak sama dengan Petrificus Totalus, yang merupakan mantra bius yang bisa ditahan oleh mantra pelindung. Sihir hitam ini dapat diobati dengan akar Mandrake.
10. Sectumsempra: menyayat musuh sesuai dengan pergerakan tongkat sihir mereka dan menimbulkan luka yang sangat serius. Mantra ini dibuat oleh Severus Snape, dan dia sendiri mengatakan bahwa ini adalah sihir hitam.
11. Kutukan Antonin Dolohov: Kutukan ini menimbulkan luka yang sangat serius dan menimbulkan kerusakan pada organ-organ tubuh apabila korbannya berteriak keras. Hermione Granger diketahui sebagai korban kutukan ini dalam Non-Verbal mode. Namun meskipun non-Verbal kutukan ini tetap akan menimbulkan luka yang parah, menurut Penyembuh Hogwarts, Poppy Pomfrey
Ramuan berlabel Ilmu Hitam
Berikut ini merupakan ramuan-ramuan yang tergolong sihir hitam:
1. Ramuan Kebangkitan Voldemort: Voldemort menyebutnya potongan tua Ilmu Hitam. Bahan-bahannya yaitu, tulang belulang ayahnya, daging dari pelayannya, dan darah dari musuh utamanya. Dan itu akan menghasilkan tubuh baru manusia untuk penyihir hitam yang telah mempunyai Horcrux dan telah hilang tubuh aslinya sebagai Voldemort. Dan itu rupanya membutuhkan tubuh penyihir hitam yang keadaan tubuhnya tidak sempurna dan bisa ditempatkan di dalam kuali setelah bahan-bahan telah siap.
2. Ramuan Cinta: Ramuan Cinta (Amortentia) tidak tergolong Hitam bila digunakan bagi Suami-Istri yang sudah berkelurga. Tapi bila digunakan untuk memikat wanita/pria yang lain dan mengontrolnya dapat dikatakan sebagai Ilmu Hitam.
3. Ramuan Polijus: Mengubah diri menjadi orang lain. Berikut adalah bahan-bahannya. Bahan-bahannya:
a. 12 serangga sayap renda yang telah direbus selama 21 hari
b. 1 ons mentah mostar
c. 4 Lintah
d. 16 helai Fluxweed
e. 3/8 ons Sal Ammoniac (mengkristalisasi ammoniac, menghasilkan cairan)
f. Knotgrass
g. Bubuk tanduk Bicorn
h. Selongsong kulit ular pohon yang sedang ganti kulit
i. Filings and rasplings dari Salpeter, Planet Merkuri and Mars
j. DNA orang yang akan menjadi target (Harry menggunakan sehelai rambut)
Ramuan ini memiliki fungsi yang bagus. Akan tetapi ramuan ini tergolong Ilmu Hitam dan Ilegal
Benda Ilmu Hitam yang lain
Berikut ini adalah benda-benda yang tergolong Ilmu Hitam
1. Buku Harian Tom Riddle (Horcrux)
2. Horcrux: Diketahui sebagai barang paling hitam diantara semua benda ilmu hitam.Horcrux adalah sebuah objek yang hidup dan berisi belahan jiwa penyihir hitam. Horcrux berfungsi untuk melindungi dari kematian
3. Tangan Kemuliaan (bila diatas tangan tersebut ditaruh lilin maka tangan tersebut akan memberikan cahaya kepada si pemegangnya)
4. Buku-buku terlarang seperti,
a. Soneta Penyihir
b. Sebuah buku yang dapat membakar mata pembacanya
c. Sebuah buku yang tidak akan bisa berhenti dibaca
d. Buku-buku yang berada di seksi terlarang Perpustakaan Hogwarts
5. Barang-barang yang dapat kita temukan di Borgin & Burkes:
a. Satu pak kartu bernoda darah
b. Sebuah mata kaca mendelik
c. Topeng-topeng menyeramkan
d. Tulang-tulang manusia dalam berbagai bentuk dan ukuran
e. Peralatan berpaku tajam berkarat
f. Gulungan panjang dari tali algojo
6. Kalung Opal: Item ini telah dibeli oleh Draco Malfoy di Borgin & Burkes di tahun 1996 dan kalung ini hampir membunuh Katie Bell. Kalung ini menyebabkan kutukan yang sangat dahsyat, dan dapat hampir bahkan membunuh seseorang yang memakainya. Kalung itu telah meminta korban 19 Muggle pemiliknya.
7. Barang-barang yang dapat kita temukan di Knockturn Alley:
a. Lilin Beracun
b. Kepala-kepala yang sudah mengkerut
c. Kandang yang berisi laba-laba raksasa (hidup)
d. Kuku-kuku manusia
8. Barang-barang yang dapat kita temukan di Grimmauld Place nomor 12:
a. Potongan kotak tembakau perak yang berisi bubuk topi kutil
b. Peralatan laba-laba dengan banyak kaki penyapit yang berlari-lari yang mencoba untuk menusuk kulit Harry
c. Kotak musik yang memainkan ancaman menakutkan dengan nada paksaan dan akan merayu pendengar untuk tidur terpesona terus menerus.
d. Jam kakek yang menembakkan gulungan kayu yang berat kepada yang melewatnya
e. Kumpulan jubah ungu kuno yang mencoba untuk mencekik Ron
f. Sebuah botol dari kristal dengan opal besar dan terpasang di sumbat, full berisi seperti darah
g. Cakar-cakar
h. Belati berkarat
i. Gulungan kulit ular
9. Pena pengoyak kulit milik Dolores Umbridge
Satwa Gaib kegelapan
Penjelasan tentang makhluk gaib hitam banyak dijelaskan di kelas Remus Lupin di buku ke-3. Yang menjadi ciri dari makhluk gaib hitam adalah berlawanan dengan satwa gaib normal, mereka menggunakan kekuatan kegelapanuntuk bertahan hidup. Banyak Satwa Gaib seperti Manticore, Naga, Erklings, dan Chimaera. Mereka sangat berbahaya tapi, mereka bukan termasuk makhluk gaib hitam. Mereka memerlukan makan, berkembang biak dan bertahan hidup. Dan juga, tidak memiliki akal dan pikiran dan tidak dapat dikatakan sebagai makhluk jahat.
Para makhluk gaib hitam tidak memerlukan berkembang biak. Mereka sering memperbanyak diri secara spontan di tempat yang kuat aura sihir hitamnya. Lalu mereka juga dibekali pikiran dan tumbuh layaknya seperti jamur menurut J.K Rowling yaitu di tempat paling busuk dan paling gelap. Sebagian dari mereka memiliki tubuh yang sama seperti manusia, contoh Manusia Serigala, dan Vampir. Mereka di bekali akal, pikiran, dan bentuk tubuh seperti manusia.
Makhluk sihir hitam menyerang dengan menggunakan sihir hitam. Contohnya, Basilisk menggunakan Petrification untuk membunuh targetnya.
Dari beberapa satwa gaib, banyak yang diteliti oleh Kementrian Sihir untuk mencari cara menghindari, mengatasi luka yang dibuat oleh satwa gaib hitam.
Berikut ini merupakan satwa gaib hitam
1. Gryndilow
2. Kappa
3. Hag (setengah manusia)
4. Redcap
5. Vampir/Drakula (setengah manusia)
6. Manusia Serigala (setengah manusia)
7. Boggart
8. Dementor
9. Banshee
10. Hinkypunk
11. Basilisk
12. Lethifolds.

Blog Junaedi Diperoleh dari HarryPotterIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...