Minggu, 27 Maret 2011

Info Potter: "Dedalu Perkasa, Pohon Raksasa yang Menyimpan Sejuta Peristiwa"



“Anak-anak dulu membuat permainan, dimana mereka mencoba untuk berada cukup dekat dengan bagian batangnya. Pada akhirnya, bocah lelaki yang bernama Davey Gudgeon, hampir kehilangan satu matanya, akhirnya kami dilarang untuk pergi mendekati pohon itu”.
–Remus Lupin



Kalimat pembuka diatas dikatakan oleh R.J Lupin, guru pertahanan terhadap ilmu hitam di sekolah Hogwarts yang muncul di tahun ketiga kala Harry Potter bersekolah di Hogwarts itu, mengungkapkan betapa mengerikannya Dedalu Perkasa. Siapa yang tidak tahu tentang Pohon Dedalu Perkasa, atau yang dalam bahasa Inggris biasa disebut The Whomping Willows, adalah salah satu spesies dari tumbuhan ajaib yang sangat hebat dan tentunya sangat langka. Bagaimana tidak, Dedalu Perkasa bisa menyerang siapapun dan apapun yang berada dalam jangkauan cabang-cabangnya. Seluruh anggota gerak dari tumbuhan ini berfungsi sebagai senjata dan dapat menimbulkan kerusakan. Tentu, pohon raksasa ini pastilah sudah tidak asing lagi dalam ingatan kita para Potterfreaks. Karena tumbuhan unik ini selalu berada di area Sekolah Sihir Hogwarts, lokasi fiktif berupa sekolah untuk para calon penyihir pada serial Harry Potter.

Back to the topic. Usut punya usut, ternyata ada tujuan lain dari penanaman Dedalu Perkasa ini. Dedalu Perkasa diceritakan telah ditanam sekitar tahun 1971, karena Remus Lupin mulai menimba ilmu di Hogwarts. Dedalu Perkasa ditanam lalu ditempatkan untuk menyembunyikan jalan rahasia dari Hogwarts ke Shrieking Shack di desa Hogsmeade. Mengapa? Hal ini memungkinkan Lupin untuk melakukan perjalanan pulang pergi ke Shrieking Shack tanpa diketahui siapapun, di mana seperti yang kita tahu, ia mampu bertransformasi menjadi werewolf. Tujuannya, Lupin bisa pergi melalui lubang di bagian bawah akar pohon ini setiap bulan untuk berubah menjadi werewolf, agar dia tidak bisa menyakiti siapa pun. Dengan kata lain, Lupin seperti selalu diselundupkan ke dalam Shrieking Shack untuk bertransformasi setiap bulan, untuk menjamin keselamatan dirinya dan orang lain. Hmm… Sebenarnya, tidak ada yang tahu pasti, tentang tujuan rahasia dari penanaman Pohon Dedalu Perkasa ini, tetapi tiga teman terdekat Lupin, yaitu James Potter, Peter Pettigrew dan Sirius Black akhirnya mengetahui rahasia ini di tahun kedua mereka. Namun tak lama kemudian, Severus Snape akhirnya juga mengetahui tentang rahasia dibalik pohon Dedalu Perkasa.

Eittss, tapi bukan berarti si tumbuhan ganas ini tidak bisa dijinakkan loh. Ada dua cara yang diyakini bisa melumpuhkan Dedalu Perkasa yang tumbuh di Hogwarts ini. Cara pertama dengan menekan simpul tertentu di dasar pohon, atau cara kedua dengan menggunakan mantra "Immobulus".

Ngomong-ngomong soal Dedalu Perkasa, tidak heran jika pohon ini selalu membawa petaka untuk orang-orang yang mencoba mendekatinya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba melakukan flashback tentang beberapa kerusakan karena ulah si Dedalu Perkasa, serta peristiwa yang pernah terjadi di sekitar Whomping Willows pada serial Harry Potter ini. Apa sajakah?
1. Pada tahun 1992, Harry Potter dan Ron Weasley tak sengaja menjatuhkan 'Flying Ford Anglia’ milik keluarga Weasley ke dalam pohon itu. Dedalu Perkasa pun mengamuk dan hampir membunuh kedua anak laki-laki itu. Sontak mobil terbang itu pun ikut penyok dan hancur seketika sebelum dapat ditarik keluar dari jangkauan cabang berayun Dedalu Perkasa. Siapa yang bisa menjamin keadaan kita masih akan baik-baik saja ketika berada dekat dengan pohon yang satu ini? Rasanya hanya Tuhan yang tahu. hehe
2. Pada tahun 1993, sapu terbang milik Harry Potter, Nimbus 2000, hancur ketika jatuh dari udara ke dalam cabang-cabang Dedalu Perkasa. Masihkah kita berniat mendekati pohon liar yang satu ini?
3. Pada tahun 1994, Sirius Black, dalam bentuk Animagus anjing hitam besar, menyeret Ron Weasley ke lorong rahasia di bawah pohon. Kemudian dengan cepat diikuti oleh Harry dan Hermione, lalu disusul oleh Lupin dan Snape.
4. Pada tahun 1998, Harry, Ron, dan Hermione menyelinap melalui bagian bawah pohon ke Shrieking Shack selama Pertempuran Hogwarts. Di sana, mereka menyaksikan pembunuhan Snape oleh Lord Voldemort dan ularnya, Nagini. Hiks hiks… =(

Dan yang tak kalah menarik, tidak lengkap rasanya jika saya tidak mengulas tentang lokasi pohon Dedalu Perkasa yang jika diperhatikan, pernah mengalami perubahan selama 7 serial film Harry Potter. Berikut cuplikannya. ^-^
• Dalam film Harry Potter and The Chamber of Secret, Dedalu Perkasa terletak di Training Grounds, sedangkan dalam film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban pohon itu terletak di atas bukit, jauh dari kastil.
• Dalam video game Chamber of Secret, Dedalu Perkasa terletak dalam batas-batas Hutan Terlarang.
• Pohon Dedalu Perkasa juga muncul di Peta Perampok yang disertakan dalam kotak video game Harry Potter 5. Hal ini digambarkan dengan huruf WHOMPING WILLOW, bukan dengan baris. Penampilan Pohon di peta cukup aneh, karena pohon tidak muncul dalam permainan itu sendiri.

Inilah tiga poin yang membuktikan adanya perubahan letak Dedalu Perkasa selama serial Harry Potter berlangsung. Informasi ini sekaligus menjadi akhir pembahasan dari news hari ini. Alasan mengapa adanya perpindahan Dedalu Perkasa seperti itu mungkin saja karena ukurannya yang terlalu besar, sehingga bingung ingin meletakkannya dimana. hehe :p

Sumber Blog Junaedi Diperoleh dari HPFI Blog harrypotter.wikia.com & hp-lexicon.org

0 komentar:

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...