Kamis, 06 Januari 2011

Info Potter: "Harry Potter Bukan (Benar-Benar) Horcrux"



Selama ini kita telah sering mendengar teori bahwa Harry Potter adalah Horcrux. Teori ini dibenarkan dengan pendapat Albus Dumbledore yang menyatakan bahwa bagian jiwa Voldemort menempel pada tubuh Harry. Tapi tidak adil rasanya jika kita tidak membahas juga teori lain yang menyatakan bahwa Harry bukan benar-benar Horcrux, apalagi teori ini didukung sendiri oleh JKR. Menurut teori ini, eksistensi Harry sebagai Horcrux 'tidak sepenuhnya' benar.

Voldemort tidak bermaksud menjadikan Harry sebagai Horcrux. Saat datang ke Godric's Hollow malam itu, dia berniat membunuh Harry, jelas karena ramalan. Dan jika Harry adalah Horcrux, seharusnya Voldemort menjaga agar Harry tidak mati. Tapi nyatanya Voldemort terus-menerus memburu Harry dan ingin membunuhnya. Hal itu mengkin dijawab dengan jawaban seperti, "Itu karena Voldemort tidak tahu kalau Harry adalah Horcrux-nya. Dia membuatnya menjadi Horcrux secara tidak sengaja." Seperti yang kita tahu, pembuatan Horcrux tidak dilakukan asal-asalan. Pembuatan Horcrux pastilah sangat kompleks dan tidak mungkin dilakukan secara tidak sengaja. Mungkinkan sihir sekompleks pembuatan Horcrux dilakukan secara tidak sengaja oleh penyihir seperti Voldemort? Bukankah itu sama saja dengan ketidaksengajaan Harry saat melepas ular Boa di kebun binatang? Rasanya tidak mungkin. Ketidaksengajaan peng-Horcrux-an Harry terletak pada menempelnya bagian jiwa Voldemort pada Harry. Harry tidak bisa dibunuh karena adanya perlindungan 'ancient magic' dari Lily, dan saat itu bagian jiwa Voldemort menempel pada Harry dan Voldemort menjadi tidak stabil. Peristiwa menempelnya jiwa Voldemort pada Harry menjadikan Harry sebuah Horcrux tapi bukan benar-benar Horcrux. Karena....


Voldemort tidak memiliki koneksi dengan Horcrux-Horcruxnya. Voldemort tidak tahu saat Horcrux-Horcruxnya dihancurkan, dan saat dia tahu, dia selalu menjaga Nagini dalam pengawasannya. Itu karena jiwa Voldemort yang telah terbelah dan dijadikan Horcrux bukan lagi bagian dari Voldemort, dengan kata lain terpisah sepenuhnya dari Voldemort. Sementara itu dengan Harry berbeda. Harry memiliki kemampuan parseltongue seperti Voldemort, bekas luka Harry selalu sakit setiap ada sesuatu yang terjadi pada Voldemort, Harry bisa melihat apa yang dilihat Voldemort serta merasakan apa yang dirasakan Voldemort, bahkan Voldemort bisa menanamkan gambaran yang salah pada pikiran Harry (HP5). Hal-hal itu menunjukkan bahwa ada koneksi antara Voldemort dengan Harry. Koneksi yang tidak ditunjukkan Voldemort dengan Horcrux-Horcruxnya.

Menempelnya jiwa Voldemort pada Harry tidak diikuti oleh sihir Horcrux yang benar/sesuai, karena itu Harry bukanlah seutuhnya Horcrux. Kalau dikatakan Horcrux, dia tidak seperti Horcrux lainnya, jadi bisakah kita menyebutnya Horcrux? Inilah salah satu dari banyak alasan mengapa buku Harry Potter sangat menarik. Kita bisa berpendapat dan berargumen tentang teori mana yang benar dan teori mana yang salah, tapi pada akhirnya, apa yang kita diskusikan bukan hanya teori. Apa yang sesungguhnya ingin kita coba tebak adalah menuju ke arah mana cerita itu. Kita harap semua menjadi jelas saat nanti JKR memaparkan cara pembuatan Horcrux dalam Harry Potter Ensyclopedia*. (Disampaikan kembali dengan penyesuaian, dari Half Right About Harry's Horcrux oleh Hannah Deprey-Severance. Sumber: Mugglenet dan Harry Potter Wiki)

*) Tentang Harry Potter Ensyclopedia: Buku yang rencananya akan ditulis JKR yang isinya tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia Harry Potter. Pada 13 September 2009, Sunday Mail mempublikasikan dalam websitenya bahwa pengacara dari agen Rowling menyatakan bahwa "Ensiklopedia adalah sesuatu yang akan diselesaikan Miss Rowling suatu saat nanti." JKR sendiri mengungkapkan bahwa dia berencana menulis ensiklopedia tapi dia tidak terburu-buru. Beberapa yang akan diungkapkan dalam ensiklopedia antara lain cara pembuatan Horcrux, mengapa Peter Pettigrew memberikan bagian tubuhnya untuk membangkitkan Voldemort, dan mengapa Florean Fortescue (pemilik toko es krim di Diagon Alley) dibunuh.

8 komentar:

Drill Man mengatakan...

salahlaaah, harry itu hocrux makannya ada koneksi antara mereka, sama kaya nagini waktu di godrics hollow yang mencoba membunuh harry, voldemort langsung tau kan... dan keika ia dibunuh maka sudah mati pula salah sau hocrux voldemort, alasan kenapa dia bisa hidup lagi karna dia yan gmempunyai hak atas ketiga relikui kematian, dan dia hidup lagi tanpa ada bagian diri voldemort didalamnya

Bella Cornelia mengatakan...

Iya setau aku harry juga horcrux nya si voldy. Terus mereka emg connected. Tapi aku baru tau kenapa harry bisa lolos kedua kali dari apada kedapra setelah aku baca komen kamu bukan baca artikel ini wkwk. Tp it's ok, artikelnya kece kok.

Bella Cornelia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bella Cornelia mengatakan...

Iyaaa. Harry itu horcrux nya si voldy dan mereka berdua connected. Aku malah ngerti kenapa si harry bisa lolos lagi dari apada kedapra dan hidup lagi setelah baca komenmu. Bukan krn artikelnya wkwk. Tp it's ok, artikelnya kece kok.

Anonim mengatakan...

Harry itu horcrux voldemort yg tanpa sengaja dibuat oleh voldemort sendiri. Setelah lily mati, voldemort mencoba membunuh Harry, tp tdk berhasil karna lily sudah memberikan ancient magicnya pada harry dan akhirnya itu malah berbaLik dgn voldemort sendiri. Voldemort hampir mati, karna saat itu (mungkin) tdk ada benda berharga di kamar harry, sebagian jiwa voldemort akhirnya masuk kedalam diri harry. Horcrux itu kan bisa dibuat dgn makhluk hidup maupun benda mati , jadi gak terbatas. Ya sama seperti nagini yg adalah horcrux voldemort, bisa saling berkomunikasi , begitu jg dgn harry . Itu makanya knapa harry kadang2 bisa terhubung dgn voldemort, harry bisa merasakan dimana voldemort menyimpan horcrux2 nya yg lain (dan cuma harry yg bisa merasakan itu, sekian voldemort) karna dia jg adalah salah satu horcrux voldemort .

Anonim mengatakan...

Harry itu horcrux voldemort yg tanpa sengaja dibuat oleh voldemort sendiri. Setelah lily mati, voldemort mencoba membunuh Harry, tp tdk berhasil karna lily sudah memberikan ancient magicnya pada harry dan akhirnya itu malah berbaLik dgn voldemort sendiri. Voldemort hampir mati, karna saat itu (mungkin) tdk ada benda berharga di kamar harry, sebagian jiwa voldemort akhirnya masuk kedalam diri harry. Horcrux itu kan bisa dibuat dgn makhluk hidup maupun benda mati , jadi gak terbatas. Ya sama seperti nagini yg adalah horcrux voldemort, bisa saling berkomunikasi , begitu jg dgn harry . Itu makanya kenapa harry kadang2 bisa terhubung dgn voldemort, harry bisa merasakan dimana voldemort menyimpan horcrux2 nya yg lain (dan cuma harry yg bisa merasakan itu, selain voldemort) karna dia jg adalah salah satu horcrux voldemort

Anonim mengatakan...

Horcrux dibuat dgn cara membunuh orang lain dan sebenarnya itu bisa gagal klo pembuatnya menyesal sudah membunuh nya

Anonim mengatakan...

Dimalam saat harry menemui voldemort di dark forest, lagi2 voldemort mencoba bunuh harry dgn mantra Avadra Kedavra. Dan sebenarnya bukan harry yg terbunuh saat itu tp jiwa voldemort yg ada dalam diri harry lah yg mati. Mungkin itu jg penyebab voldemort ikut terjatuh saat dia sudah memberikan mantra kutukan itu pada harry. Dan sejak itu harry tdk pernah lagi merasakan sakit pada bekas lukanya

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...