Rabu, 23 Februari 2011

Info Potter: "Wujud Animagi"





Minerva McGonagall adalah orang pertama yang diperkenalkan sebagai seorang animagus, wujud animaginya adalah seekor kucing. Selain McGonagall, kita tahu semua anggota gank the Marauders juga merupakan animagus (kecuali Lupin tentu saja, karena dia manusia serigala). Begitu juga dengan Rita Skeeter. Tidak seperti hasil transfigurasi, animagus mampu mengubah dirinya menjadi hewan tanpa kehilangan kesadaran mereka dan dalam waktu yang tidak ditentukan. Akan tetapi mereka hanya berubah menjadi satu jenis spesies hewan yang sama. Dan yang paling menarik dan akan menjadi topik kita kali ini adalah, mereka tidak memilih apa wujud animagi mereka. Jadi ada hal-hal tertentu yang menyebabkan wujud animagi Peter Pettigrew adalah tikus dan Rita Skeeter adalah serangga. Yang akan menjadi acuan kita adalah sebuah teori tentang pengaruh gen terhadap wujud animagi yang terangkum dalam essay singkat berjudul “Genes and Appearance in Animagi” oleh Professor Koniphorus Swamp. Essay tersebut dipublikasikan di hp-lexicon.



Sebelum ini saya menanyai beberapa HPF tentang apa kira-kira wujud animagi mereka jika mereka adalah animagus. Beragam jawaban muncul dengan alasan yang juga beragam, tapi kebanyakan alasan mereka adalah karena hewan tersebut adalah hewan favorit.

Pada dasarnya setiap makhluk hidup memiliki gen yang sebagian besar menentukan bentuk dari makhluk tersebut. Manusia memiliki gen manusia sehingga berwujud manusia, kucing memiliki gen kucing sehingga memiliki wujud kucing, begitu pula dengan anjing, kelinci, tikus, dan lain-lain. Kumpulan dari gen yang membuat suatu individu manusia, kucing, anjing, kelinci, daln lainnya, disebut “genotip”. Setiap individu mempunyai genotip yang unik, kecuali kembar identik seperti Fred dan George. Gen berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan membentuk karakteristik suatu individu, itu kita kenal sebagai “fenotip”. Hal-hal yang dipengaruhi genotip misalnya warna mata dan golongan darah, kedua hal tersebut sangat sulit dipengaruhi oleh lingkungan. Sedangkan yang termasuk fenotip misalnya berat badan, mungkin dipengaruhi lingkungan misalnya pola makan dan olahraga. Fenotip tiap individu berbeda-beda tergantung dengan interaksi dengan lingkungan. Bahkan kembar identik bisa memiliki fenotip yang berbeda, misalnya perbedaan personaliti.

Genotip kita tetap. Kita bisa mengenali teman-teman kita karena mereka terlihat nyaris sama dengan hari sebelumnya; warna mata, warna rambut, bentuk hidung, dan lainnya relatif tetap. Dalam dunia sihir dikenal istilah Methamorpagus, orang yang bisa merubah penampilan sesuka hati. Tapi ini merupakan perubahan yang superfisial, sama saja seperti Muggle yang mengubah warna rambutnya atau melakukan bedah plastik, genotip tetap tidak berubah. Memang ada ramuan yang bisa mengubah penampilan seperti orang lain, yaitu ramuan Polijuice, tapi itu hanya bersifat temporer, seperti Muggle yang menyamar.

Sebagian kecil penyihir ada yang disebut sebagai Animagus. Animagus bisa mengubah wujudnya menjadi binatang dalam waktu yang tak terhingga dan tetap memiliki kesadarannya (hasil sihir transfigurasi tidak sadar selama wujudnya berubah). Namun itu sangat sulit dilakukan, seorang Animagus harus mempelajarinya dan banyak berlatih. Perubahan seorang Animagus selalu menjadi satu spesies binatang yang sama dan binatang itu selalu memiliki penampilan yang sama. Jadi, fenotip bentuk binatang dari seorang Animagus adalah sudah ditetapkan dan dapat dikenali seperti halnya bentuk manusianya. Lalu apakah fenotip binatang ini merefleksikan genotip dari Animagus sama seperti warna mata merefleksikan genotip dari bentuk manusianya? Jika demikian, bagaimana bisa genotip seorang manusia menciptakan fenotip seekor kucing atau anjing atau binatang lainnya?

Jawabannya ada pada apa yang kita sebut sebagai “fenotip personaliti”. Pada semua makhluk hidup, ada bagian-bagian genotip yang ditunjukkan dalam bentuk yang berbeda dari karakteristik fisik. Sebagai contoh adalah sifat dan keterampilan, kedua hal itu dapat dipengaruhi genotip maupun fenotip. Misalnya bakat keterampilan artistik yang dimiliki karena keturunan, tapi keterampilan itu juga bisa dipejari orang lain. Bakat adalah manifestasi genotip yang tidak berbentuk fisik, Anda tidak bisa menentukan seseorang berbakat apa dengan melihatnya. Itu harus ditunjukkan denganpembuktian. Dengan kata lain, itu terlihat dari tindakan, bukan penampilan.
Pada Animagus, bentuk binatangnya adalah bentuk fisik paling mendekati yang menggambarkan karakteristik mereka. Seseorang yang setia kawan, yang rela mengorbankan nyawanya dibanding mengkhianati teman akan berubah menjadi binatang yang setia, anjing. Bentuk itu dimiliki oleh Sirius Black. Seseorang yang berjiwa pemimpin, yang melindungi keluarganya dari segala gangguan, seperti James Potter, akan berubah menjadi seekor rusa jantan. Dan seseorang yang fenotip personalitinya licik dan pengkhianat, seseorang seperti Peter Pettigrew, akan berubah menjadi tikus.

Karena bentuk animagi adalah cerminan personaliti seorang Animagus, maka seorang Animagus tidak dapat memilih wujud animaginya. Jika orang lain tahu arti dari wujud suatu binatang, maka akan sangat memalukan bagi seorang Animagus yang wujud animagi tidak baik bila diketahui orang. Karena itu banyak Animagus yang tidak terdaftar. McGonagall tidak takut mendaftarkan dirinya sebagai Animagus resmi karena wujud animaginya adalah kucing, binatang yang mandiri dan berintelegensi tinggi. Tapi Rita Skeeter tidak mendaftar karena wujud animaginya tak lebih dari serangga.

Dengan melihat personaliti seseorang, kita bisa bisa mengira-ngira apa wujud animagi yang mungkin bagi tokoh lain. Misalnya Albus Dumbledore, dia dikenal sebagai penyihir terbesar abad ini, dia mungkin menjadi binatang ajaib dan berumur panjang seperti Phoenix. Harry Potter, yang dikenal berani dan berjiwa pahlawan mungkin akan berwujud elang atau griffin. Tapi dilihat dari kemampuan terbangnya dan kemampuan parseltongue yang dimilikinya, dia mungkin saja menjadi seekor naga. Sedangkan J.K.Rowling seorang pengarang yang hebat akan menjadi berang-berang. Apa wujud animagimu?


Sumber Blog Junaedi Diperoleh dari HPFI Blog

0 komentar:

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...