Jumat, 08 April 2011

Info Potter: "Penelope Clearwater – Benarkah Seorang Kelahiran-Muggle?"



Para pembaca buku Harry Potter dan Kamar Rahasia pastinya sudah ‘kenal’ dengan Penelope Clearwater, Prefek Ravenclaw pertama kali muncul saat Harry dan Ron (yang menyamar sebagai Goyle & Crabbe) bertanya padanya di mana Ruang Rekreasi Slytherin tanpa mengetahui bahwa Penelope adalah seorang murid Ravenclaw. Penelope kembali muncul saat dia ditemukan membatu di Perpustakaan bersama Hermione Granger.

Hal ini bisa dibilang menunjukan bahwa Penelope adalah seorang Kelahiran-Muggle, apalagi tidak ada murid lain ataupun para guru yang menyinggung tentang status darahnya dan banyak yang menyebutkan Tom Riddle menyebut para korban sebagai ‘Darah-Lumpur’. Tapi, sebenarnya kita sama sekali tidak bisa mengatakan bahwa Penelope adalah seorang Kelahiran-Muggle, karena banyak bukti yang bisa menunjukan kalau dia bukan Kelahiran-Muggle.
Alasan :
• Penelope tidak pernah diceritakan secara langsung bahwa dia adalah Kelahiran-Muggle, berbeda dengan para korban lain.
• Banyak orang mengatakan dia Kelahiran-Muggle karena ‘’ kalau bukan Kelahiran-Muggle, kenapa dia bisa menjadi salah satu korban yang membatu ?”. Tapi perlu diketahui bahwa Basilisk tidak hanya bisa membuat Kelahiran-Muggle membatu, tetapi siapa saja, seperti hantu atau kucing, atau bahkan murid-murid lain yang bukan Kelahiran-Muggle. Sebagai bukti, mari kita buka Halaman 35 pada buku Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan. Di Paragraf terakhir tentang Basilisk dikatakan ;

… Akan tetapi, karena Basilisk hanya dapat dikendalikan oleh seorang Parselmouth, hewan ini sama berbahayanya baik bagi Penyihir Hitam maupun orang lain,….

Disini, Newt Scamender mengatakan bahwa Basilisk berbahaya bagi siapa saja. Ini membuktikan bahwa tidak semua murid yang diserang adalah Kelahiran-Muggle, bahkan Draco Malfoy, yang seorang Darah-Murni, bisa saja menjadi salah seorang korbannya. Harry Potter yang seorang Darah-Campuran juga harus memejamkan mata saat Basilisk keluar dari sarangnya, sebelum akhirnya Basilisk tersebut dibutakan oleh Fawkes.
• Saat Harry dan kawan-kawan ditangkap oleh para Penjambret, Hermione langsung berbohong dengan mengatakan bahwa dia bernama Penelope Clearwater dan menyamarkan status darahnya sebagai Darah-Campuran dan para Penjambret tampaknya percaya akan hal ini sebelum akhirnya jati diri Hermione terbongkar. Beberapa fans mengatakan bahwa mungkin Hermione mengira Penyihir yang lebih tua tidak masuk daftar buruan para Penjambret sehingga dia berani memakai nama Penelope yang Kelahiran-Muggle, tetapi, Ron mengatakan bahwa para Penjambret menangkap para Kelahiran-Muggle dan Darah Penghianat. Jadi, jika Penelope adalah Kelahiran-Muggle, para Penjambret seharusnya sudah tahu akan hal ini, meskipun Penelope telah dihukum, mengingat mereka punya hubungan dengan Kementrian Sihir.
Nah, melihat bukti-bukti diatas, kita bisa saja mengatakan bahwa Penelope ‘mungkin’ seorang Darah-Campuran (atau bisa jadi Darah-Murni). Kalaupun kenyataannya dia adalah Kelahiran-Muggle, kita harus memaklumi ketidak-jelasan tentang Penelope yang diberikan oleh JK Rowling. Namanya juga manusia, pastinya punya kesalahan dan kekurangan.


Sumber Blog Junaedi Diperoleh dari HPFI Blog

0 komentar:

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...