Selasa, 28 Desember 2010

Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry


Hogwarts adalah salah satu sekolah sihir terbaik dunia yang berada di Inggris, tepatnya di Skotlandia yang berfungsi melatih anak-anak yang berumur mulai 11 hingga 18 tahun yang memiliki kemampuan sihir untuk menjadi para penyihir yang berkualitas. Hogwarts didirikan sekitar abad millenium yaitu sekitar tahun 1000M oleh empat penyihir hebat bernama Godric gryffindor, Salazar Slytherin, Rowena Ravenclaw, dan Helga Hufflepuff. Nama-nama mereka kemudian dijadikan sebagai nama asrama murid-murid Hogwarts yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan keempat pendiri tersebut. Slogan Hogwarts adalah draco dormiens nunquam titillandus (bahasa Latin) yang secara harafiah berarti “seekor naga tidur jangan digelitiki/dipermainkan” atau di Indonesia lebih sering diterjemahkan sebagai “jangan mengganggu naga yang sedang tidur”.
Lokasi Hogwarts sangat dirahasiakan oleh dunia sihir, khususnya terhadap komunitas Muggle (komunitas non-sihir, yaitu orang-orang yang tidak memiliki kemampuan sihir). Rowling menyatakan bahwa Hogwarts terletak di daerah bergunung-gunung dan di salah satu daerah terpencil di Skotlandia, Inggris, di dekat sebuah desa bernama Hogsmeade.
Hogwarts juga dilindungi dengan banyak sihir oleh setiap kepala sekolah yang sedang menjabat untuk melindungi baik dari komunitas muggle maupun komunitas penyihir. Untuk menyembunyikan keberadaan Hogwarts dari komunitas Muggle, bangunan Hogwarts diperlihatkan sebagai rumah tua yang tidak berpenghuni. Terhadap penyihir, Hogwarts dilindungi dari “penyihir-yang-tidak-diundang”. Bahkan penyihir terbaik pun tidak bisa mempergunakan ilmu “apparate” dan “disapparate” (secara sihir menghilang dari satu tempat dan langsung muncul kembali di tempat lain) untuk datang ke dan pergi dari Hogwarts. Walaupun demikian, dalam beberapa bagian dari serial ini, ada celah-celah tertentu yang tanpa sadar tidak terlindungi oleh kepala sekolah, sehingga akhirnya dapat juga dimasuki oleh pihak-pihak lawan.
Di dekat Hogwarts terdapat suatu desa yang hanya dihuni oleh komunitas sihir, Hogsmeade. Murid-murid Hogwarts dapat memperoleh ijin untuk mengunjungi Hogsmeade mulai tahun ketiga mereka dengan menyertakan ijin dari orang tua/wali.
Di setiap akhir tahun ajaran, murid-murid Hogwarts wajib mengikuti ujian-ujian sesuai dengan pelajaran yang diambilnya. Namun ada ujian khusus yang perlu diambil di tahun kelima dan ketujuh. Di akhir tahun kelima, mereka wajib mengambil ujian O.W.L (Ordinary Wizarding Levels). Sedangkan di akhir tahun ketujuh, mereka akan mengikuti ujian N.E.W.T (Nastily Exhausting Wizarding Tests). Hogwarts adalah sekolah sihir hebat dengan sejarah hebat.

Sekolah ini menghasilkan penyihir-penyihir besar seperti Kepala Sekolahnya sendiri, Profesor Albus Dumbledore. Ratusan anak dari seluruh penjuru dunia dengan berbagai suku bangsa, warna kulit, dan perbedaan lainnya, setiap tahun berkumpul menjadi satu di Hogwarts untuk belajar bersama. Sekolah ini dimaksudkan agara para penyihir muda dapat membaur dengan semua golongan, baik itu Muggle atau penyihir, untuk mencapai kedamaian dunia. Sihir diajarkan untuk digunakan dengan baik, tidak mencedarai dan agar timbul rasa saling menghargai dan menghormati baik itu sesama penyihir, entah itu darah murni, campuran, kelahiran Muggle atau Mugle pada umumnya.
PENDIRI HOGWARTS
1.Godric Gryffindor
Godric Gryffindor adalah pendiri asrama Gryffindor dimana ia bersama 3 rekannya yang lain mendirikan sekolah sihir Hogwarts. Peninggalan Gryffindor adalah pedang berhiaskan rubi yang dibuat oleh goblin dan topi seleksi Kedua benda ini memiliki keunikan tersendiri, dimana bila seseorang yang bersifat seperti Gryffindor memerlukannya, pedang akan keluar dari topi. Godric Gryffindor lahir di suatu desa yang sepi di pedalaman Inggris yang penuh dengan komunitas penyihir bernama ”Godric’s Hollow” (nama desa yang diabadikan dengan namanya). Gryffindor dikatakan memiliki keberanian yang terpuji, kebulatan tekad dan kekuatan hati di atas semua kualitas. Oleh karena itu, ia memilih siswa untuk asramanya berdasarkan dari keberaniannya. Ia juga mendukung agar Hogwarts menerima penyihir kelahiran Muggle. Nama Godric merupakan bentuk dari Anglo-Saxon, dan memiliki beberapa arti, seperti, “Ia yang berkuasa dengan Tuhan” atau “Ia yang berkuasa dengan baik. Gryffindor dan asramanya ditandakan dengan seekor Singa Emas dengan latar belakang merah. Pada awalnya ia merupakan sahabat baik Salazar Slytherin, tetapi persahabatan itu terputus, walaupun belum pernah dinyatakan, tetapi bisa jadi perbedaan pandangan terhadap penyihir kelahiran Muggle yang menjadi alasan mereka berpisah.
2. Helga Hufflepuff
Helga Hufflepuff adalah pendiri asrama Hufflepuff. Harta peninggalannya adalah gelas piala dari emas yang memiliki kekuatan. Helga Hufflepuff, menilai kerja keras, kesetiaan, toleransi dan keadilan di atas semuanya. Binatang identitas asrama adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggannya. The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama. Hufflepuff berkesuaian dengan elemen tanah, dimana asrama tempat tinggal mereka berlokasi di suatu tempat di ruangan bawah tanah, pintu masuknya dapat ditemukan melalui lukisan yang berada di sekitar dapur. Sandi harus diberikan ketika akan masuk. Ruang bersama Hufflepuff dipenuhi warna kuning dan kursi malas dan memiliki terowongan bawah tanah yang tembus ke asrama, dimana semuanya memiliki pintu lingkarang sempurna, seperti ujung tong.
3. Rowena Ravenclaw
Rowena Ravenclaw menilai kecerdasan, kreativitas, akal dan kebijaksanaan. “Wit beyond measure is man’s greatest treasure” adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw. Harta peninggalannya adalah mahkota. Diyakini dengan mahkota itu kebijaksanaan dan kepintaran digunakan secara maksimal. Binatang identitasnya adalah elang, dan menggunakan warna biru dan perunggu. Hantu asrama adalah Grey lady, yang dicurigai sebagai Helena Ravenclaw, putri dari pendiri Hogwarts, Rowena Ravenclaw. Ravenclaw berhubungan dengan elemen udara. Ruang bersama dan asrama Ravenclaw berada di Menara Ravenclaw di bagian barat sekolah. Ruang bersama berbentuk lingkaran, seperti halnya Gryffindor, dan memiliki langit-langit kubah yang dilukiskan bintang-bintang. Juga terdapat terdapat patung dada dari Rowena Ravenclaw memakai mahkotanya. Untuk masuk ke dalam ruang bersama Ravenclaw, teka-teki logis harus diselesaikan. Hal ini sangat kontras dengan Ruang bersama Gryffindor, Hufflepuff dan Slytherin, yang menggunakan sandi untuk masuk.
4. Salazar Slytherin
Salazar Slytherin dijelaskan sebagai “haus kekuasaan” oleh topi seleksi, dan datang dari “tanah rawa”. tanah rawa di bagian timur inggris adalah kawasan lahan gambut di sekitar norfolk, lincolnshire, cambridgeshire dan wilayah sekitarnya. slytherin merupakan seorang parselmouth, (ahli sihir yang mampu berbicara dengan ular) pertama yang dicatat, legilimens yang ulung, dan terkenal karena kekuasaan darah murni. asramanya di hogwarts sering digambarkan dengan ular dengan warna hijau dan perak. harta peninggalannya adalah kalung dengan liontin emas berlogo huruf “s”. seperti Ravenclaw dan Gryffindor, Slytherin memilih dengan hati-hati pelajar yang akan memasuki asramanya. mutu pelajar yang disukainya adalah kepintaran, kesungguhan tekad dan keberanian untuk tidak terlalu mengindahkan peraturan, termasuk kemampuan berbicara parseltongue. dia juga memilih pelajar yang licik, bercita-cita tinggi dan berdarah murni. Slytherin menggunakan darah murni sebagai kunci pemilihan murid dari awal berdirinya hogwarts. dia menginginkan pengajaran sihir hanya untuk keluarga sihir saja. dia percaya bahwa kelahiran muggle tidak boleh dipercayai dan dia tidak mau mengajar murid dari kalangan muggle.
GURU GURU DAN STAF HOGWARTS
kepala sekolah :
Albus Dumbledore. Sebelumnya menjabat sebagai guru Transfigurasi saat Tom Marvolo Riddle (Lord Voldemort) masih bersekolah di Hogwarts. Ia memiliki seekor burung phoenix bernama Fawkes dan dahulu, Dumbledore-lah yang menitipkan Harry pada keluarga Dursley. Di akhir buku ke-enam, Dumbledore dibunuh oleh Severus Snape dengan mantra Avada Kedavra.
Guru-guru :
1.Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam :
-Tahun ke-1: 1991-1992 – Quirinus Quirrell –Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam saat tahun pertama Harry. Ia adalah remaja yang canggung dan cara bicaranya terbata-bata. Ia merupakan orang yang berhasil dipengaruhi Voldemort untuk menjadi induk semangnya. Tubuhnya hancur di ruangan Batu Bertuah.
-Tahun ke-2: 1992-1993 – Gilderoy Lockhart –Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di tahun kedua Harry. Ia adalah seseorang yang sangat sombong namun terkenal dan memiliki banyak penggemar. Buku-buku yang berisi petualangannya melawan sihir hitam semuanya adalah bohong. Ia hanya mendengar pengakuan atau cerita dari orang-orang yang melakukan hal tersebut lalu menjadikannya buku, dengan tokoh utama (yang melawan sihir hitam) adalah ia sendiri. Satu-satunya mantra yang dikuasainya dengan baik yaitu Jampi Memori. Tapi saat ia akan menyerang Harry Potter dengan jampi memori-nya, mantra itu malah mengenai dirinya (karena tongkat yang ia gunakan adalah tongkat Ron Weasley yang direkatkan dengan selotip) di Kamar Rahasia
-Tahun ke-3: 1993-1994 – Remus Lupin –Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di tahun ketiga Harry. Ia adalah seorang manusia serigala (digigit oleh manusia serigala bernama Fenrir Greyback saat masih kecil). Salah satu sahabat dekat James Potter, ayah Harry. Ia mengundurkan diri dari Hogwarts pada akhir tahun ajaran karena identitasnya sebagai manusia serigala terbongkar.
-Tahun ke-4: 1994-1995 -Barty Crouch Junior – (menjalankan misi Voldemort) menjadi guru dengan cara menyamar sebagai Alastor Moody(mantan auror dan guru yang sah) dengan cara meminum ramuan polijus. Moody yang asli dibius dengan mantera dan dikurung oleh Crouch selama setahun di dalam koper ajaib Moody sendiri. Crouch berakhir dengan mendapatkan Kecupan Dementor. Dialah yang memasukkan nama Harry ke dalam Piala Api dan memberi petunjuk padanya sepanjang tugas-tugas Turnamen Triwizard.
-Tahun ke-5: 1995-1996 – Dolores Umbridge–Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam saat tahun kelima Harry. Merupakan karyawati Kementerian Sihir dengan jabatan Asisten Senior Menteri. Setelah masuk Hogwarts, dia diangkat oleh Menteri Sihir [Cornelius Fudge] sebagai Inkuisitor Agung Hogwarts yang berhak membuat peraturan dan dekrit, dan pada akhirnya, menjadi Kepala Sekolah Hogwarts. Perawakannya digambarkan seperti kodok besar dengan mata berkantung. Karakternya sangat jahat, lebih jahat dibandingkan dengan Snape. Pada akhirnya dia keluar dari Hogwarts karena stress setelah dihadapkan dengan sekawanan centaurus.
-Tahun ke-6: 1996-1997 – Severus Snape– meninggalkan Hogwarts setelah membunuh Dumbledore, sebelumnya adalah guru ramuan.
-Tahun ke-7: 1997-1998 – Amycus Carrow – mata pelarajan Pertahanan terhadap Ilmu Hitam tetap ada tetapi yang diajarkan adalah Ilmu Hitam itu sendiri.
2. Trasfigurasi : Profesor Minerva McGonagall, Wakil kepala sekolah yang mengepalai Asrama Gryffindor. Guru Transfigurasi pada masa Harry bersekolah. Ia dikenal mempunyai karakter bijak, tegas, dan adil. Belakangan, ia menjadi kepala sekolah setelah Dumbledore terbunuh.
3. Mantra : Profesor Filius Flitwick, Guru Jimat dan Guna-guna (en: Charms, selanjutnya diterjemahkan sebagai Mantra). Perawakannya cebol–kemungkinan keturunan goblin–dan bersuara nyaring. Mengepalai Asrama Ravenclaw.
4. Herbologi : Profesor Pomona Sprout, Guru Herbologi ini mengepalai Asrama Hufflepuff. Ia selalu berpenampilan kusut, berantakan dan pakaian yang dikenakannya biasanya terdapat noda tanah atau lumpur.
5. Ramuan :
-Profesor Severus Snape, Guru ramuan yang sejak kedatangan Harry sudah membencinya seperti dulu Snape membenci ayahnya (James Potter). Ia memiliki kepercayaan penuh Dumbledore walaupun ia adalah bekas Pelahap Maut namun belakangan diketahui ia adalah agen ganda dan kemudian membunuh Dumbledore (di Pangeran Berdarah Campuran). Pada buku ketujuh kemudian diketahui bahwa ia membunuh Dumbledore atas permintaan Dumbledore sendiri, dan Snape pernah beberapa kali menyelamatkan Harry Potter, dan Snape dibunuh oleh Voldemort. Dulu saat ia masih menjadi murid Hogwarts, ia adalah musuh bebuyutan James Potter dan kelompoknya, tapi ia juga pernah diselamatkan oleh James Potter saat ia menyusup ke pondok menjerit untuk mengintip Lupin yang sedang bertransformasi menjadi manusia serigala.
-Profesor Horace Slughorn
Guru Ramuan pada tahun keenam Harry. Merupakan salah satu sahabat lama Dumbledore yang dulunya merupakan murid Slytherin. Meskipun begitu, sikapnya menyenangkan dan suka berpesta. Ia adalah guru yang membeda-bedakan murid yang satu dengan yang lain. Ia sering tidak menganggap kehadiran Ronald Weasley. Prof. Slughorn adalah orang yang suka damai. Anak-anak yang dipandangnya memiliki kelebihan akan diundang ke pesta pribadinya dan langsung dijadikan anggota The Slug Club.
6. Sejarah Sihir: Profesor Binns, satu-satunya guru berwujud hantu. Diceritakan bahwa dulunya dia meninggal ketika duduk di depan perapian dan tak pernah sadar bahwa dirinya sudah mati meskipun sudah menjadi hantu. Binns mengajar dengan cara yang monoton sehingga kebanyakan murid tertidur di kelasnya.
7. Ramalan:
-Profesor Sibyll Patricia Trelawney. Cara bicaranya dramatis dan suka sekali meramalkan kematian murid-muridnya (salah satunya adalah Harry). Dia adalah peramal yang dahulu pernah menyampaikan ramalan tentang Voldemort dan Harry kepada Dumbledore.
-Firenze, Seekor centaurus penghuni Hutan Terlarang yang untuk sementara menggantikan Profesor Trelawney sebagai guru Ramalan pada tahun kelima Harry.
8. Arithmancy: Profesor Anna Vector
9. Astronomi: Profesor Sinistra
Pemeliharaan Satwa Gaib:
-Profesor Kettleburn, Mantan guru Pemeliharaan Satwa Gaib sebelum Hagrid.
-Rubeus Hagrid, Keturunan raksasa yang menjadi pemegang kunci dan pengurus halaman Hogwarts. Merupakan sahabat baik Harry, Ron, dan Hermione. Mempunyai kecintaan berlebihan pada hewan-hewan berbahaya. Tinggal di sebuah gubuk di depan Kastil Hogwarts dan memiliki anjing peliharaan bernama Fangs. Dia adalah orang yang menjemput Harry dari kediaman keluarga Dursley dan membawanya ke Stasiun King’s Cross untuk selanjutnya pergi ke Hogwarts untuk pertama kalinya. Hagrid kemudian diangkat menjadi guru Pemeliharaan Satwa Gaib menggantikan Profesor Kettleburn. Di tahun ketiganya menjadi murid Hogwarts, ia dikeluarkan dengan tuduhan melepaskan monster Basilisk, tapi ia tetap diijinkan tinggal di Hogwarts sebagai pengawas binatang liar. Selain Hagrid, orang yang diketahui pernah menjabat kunci dan mengurus halaman Hogwarts adalah Ogg.
-Wilhemina Grubbly-Plank, menggantikan Hagrid.
Pelajaran Terbang : Madam Hooch, Guru yang khusus mengajari murid-murid terbang dengan sapu terbang di tahun pertama, juga merupakan wasit tetap pertandingan Quidditch antar-asrama di Hogwarts.
Staf-staf yang lain :
-Madam Pince
Pustakawati perpustakaan Hogwarts. Galak dan amat taat pada peraturan.
-Madam Poppy Pomfrey
Penyembuh (kalangan penyihir tidak mempergunakan istilah “dokter” melainkan “penyembuh” dan mengartikan istilah “dokter” sebagai “orang yang suka memotong-motong orang”) di rumah sakit Hogwarts.
-Argus Filch
Penjaga Hogwarts yang dianggap menyebalkan oleh para murid karena menyukai segala kesempatan yang memungkinkannya menghukum mereka. Selalu berpakaian kumal dan compang-camping. Mempunyai seekor kucing bernama Mrs. Norris. Filch adalah seorang Squib (penyihir yang tidak bisa mengeluarkan kemampuan sihirnya). Orang lain yang pernah menjadi penjaga Hogwarts adalah Apollyon Pringle.
Kepala-kepala Sekolah Hogwarts :
-Severus Snape, (buku ke-7), dipilih oleh kementerian yang baru di bawah kendali Lord Voldemort, Slytherin
-Minerva Mcgonagall, 1997-? (akhir dari buku ke-6), menggantikan Dumbledore yang mati terbunuh, Gryffindor
-Albus Dumbledore, 1955-1997 (buku ke-6), Gryffindo
-Dolores Umbrige, 1995-1996 (buku ke-5)
-Armando Dippet, ?-1955
-Phineas Nigellus, Slytherin
-Dilys Derwent, 1741-1768
-Everard Proudfoot
-Fortescue
ASRAMA HOGWARTS
Asrama Hogwarts adalah asrama yang digunakan para murid di sekolah sihir Hogwarts sebagai tempat tinggal selama belajar di Hogwarts, pembagian asrama ini berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh topi seleksi. Di seri harry potter, sekolah sihir hogwats terbagi menjadi empat asrama, masing-masing menggunakan nama keluarga pendirinya, GRYFFINDOR, HUFFLEPUFF,RAVENCLAW ,SLYTHERIN. Asrama-asrama tersebut saling bersaing selama mereka bersekolah, dengan menambah atau mengurangi angka dari berbagai peristiwa, untuk memperoleh Piala Asrama. Masing-masing memiliki tim Quidditch tersendiri yang bersaing dalam memperebutkan Piala Quidditch. Kompetisi yang paling sering terjadi antara Asrama Gryffindor dan Slytherin. Asrama di Hogwarts merupakan tempat tinggal dan belajar untuk setiap muridnya.
Gryffindor
Asrama Gryffindor berada di Sekolah Sihir Hogwarts. Nama itu diambil dari salah satu pendiri sekolah tersebut, Godric Gryffindor. Ia adalah salah satu penyihir terbesar di masanya. Gryffindor hidup kira-kira seribu tahun yang lalu bersama Rowena Ravenclaw, Helga Hufflepuff, dan Salazar Slytherin. Peninggalan Gryffindor yang ada saat ini adalah topi seleksi yang dulu adalah miliknya dan pedang bertahtakan permata dan diukir dengan namanya yang sekarang disimpan di kantor Profesor Albus Dumbledore.
Murid-murid yang tinggal di asrama Gryffindor digambarkan sebagai orang-orang yang gagah berani. Banyak Auror adalah alumni Gryffindor. Selain Harry Potter sendiri, teman-teman baiknya juga bertempat tinggal di Gryffindor. Teman-teman sekamar Harry Potter di Gryffindor antara lain: Ron Weasley, Seamus Finnigan, Neville Longbottom, dan Dean Thomas. Teman baik Harry, Hermione Granger, serta kekasihnya, Ginny Weasley, juga bertempat tinggal di Gryffindor. Saudara Ron yang lain juga dulunya tinggal di Gryffindor.
Ron Weasley dan Hermione Granger terpilih sebagagi prefek Gryffindor di tahun ke-5 mereka.
Tim Quidditch Gryffindor baru memenangkan beberapa kejuaraan di tahun ke-3 Harry Potter bersekolah di Hogwarts. Anggota tim Gryffindor antara lain: Oliver Wood (sudah lulus), Angelina Johnson, Alicia Spinnet, Katie Bell, Fred dan George Weasley, Cormac McLaggen, Ron Weasley dan Harry Potter sendiri.
Daftar penyihir dari Gryffindor :
Godric Gryffindor,
Albus Dumbledore,
Minerva McGonagall,
Rubeus Hagrid,
James Potter,
Lily Potter,
Sirius Black,
Remus Lupin,
Peter Pettigrew,
Harry Potter,
Hermione Granger,
Ron Weasley,
Neville Longbottom,
Seamus Finnigan,
Dean Thomas,
Keluarga Weasley,
Parvati Patil,
Hufflepuff
Hufflepuff, didirikan oleh Helga Hufflepuff, menilai kerja keras, kesetiaan, toleransi dan keadilan di atas semuanya. Binatang identitas asrama adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggannya. The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama. Menurut Rowling, Hufflepuff berkesuaian dengan elemen tanah, dimana asrama tempat tinggal mereka berlokasi di suatu tempat di ruangan bawah tanah, pintu masuknya dapat ditemukan melalui lukisan yang berada di sekitar dapur. Sandi harus diberikan ketika akan masuk. Ruang bersama Hufflepuff dipenuhi warna kuning dan kursi malas dan memiliki terowongan bawah tanah yang tembus ke asrama, dimana semuanya memiliki pintu lingkarang sempurna, seperti ujung tong. Sangat sedikit anggota Hufflepuff yang disebutkan secara spesifik, dan secara umum, mereka tidak banyak terlihat dalam seri Harry Potter. Kepala asrama saat ini adalah Pomona Sprout.
Daftar penyihir dari Hufflepuff :
Helga Hufflepuff,
Pomona Sprout,
Hannah Abbott,
Cedric Diggory,
Ernie Macmillan,
Hepzibah Smith,
Zacharias Smith,
Susan Bones,
Ravenclaw
Ravenclaw menghargai kecerdasan, kreativitas, akal dan kebijaksanaan. “Wit beyond measure is man’s greatest treasure” adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw. Binatang identitasnya adlah elang, dan menggunakan warna biru dan perunggu (walaupun di film digunakan warna biru dan perak). Hantu asrama adalah Grey Lady, yang diungkapkan di Harry Potter dan Relikui Kematian sebagai Helena Ravenclaw, putri dari pendiri Hogwarts Rowena Ravenclaw. Menurut Rowling, Ravenclaw berhubungan dengan elemen udara. Rowena Ravenclaw juga merupakan pemilik dari mahkota, yang kemudian dibuktikan sebagai sebuah horcrux pada buku ketujuh ini.
Ruang bersama dan asrama Ravenclaw berada di Menara Ravenclaw di bagian barat sekolah. Beberapa murid Ravenclaw disebutkan secara spesifik di buku Harry Potter. Ruang bersama berbentuk lingkaran, seperti halnya Gryffindor, dan memiliki langit-langit kubah yang dilukiskan bintang-bintang. Juga terdapat terdapat patung dada dari Rowena Ravenclaw memakai mahkotanya. Untuk masuk ke dalam ruang bersama Ravenclaw, teka-teki logis harus diselesaikan. Hal ini sangat kontras dengan Ruang bersama Gryffindor, Hufflepuff dan Slytherin, yang menggunakan sandi untuk masuk.
Kepala asrama saat ini adalah Filius Flitwick.
Daftar penyihir dari Ravenclaw
Cho Chang,
Penelope Clearwater,
Marietta Edgecombe,
Filius Flitwick,
Luna Lovegood,
Terry Boot,
Padma Patil,
Slytherin
Seperti pendirinya, Salazar Slytherin, asrama Slytherin menghargai ambisi, kecerdikan (licik), daya akal yang panjang dan keturunan darah murni. Buku juga menyatakan haus kekuasaan adalah karakteristik dari Slytherin. Binatang yang melambangkan Slytherin adalah ular, dan menggunakan warna hijau dan perak sebagai warna identitas. Bloody Baron adalah hantu penjaga asrama. Menurut Rowling, Slytherin berhubungan dengan elemen air. Asrama dan ruang bersama dapat dicapai melalui sebuah dinding batu di dalam ruang bawah tanah. Ruang bersama Slytherin berbentuk panjang, rendah, berada di bawah danau Hogwarts dan dilengkapi dengan lampu hijau dan kursi.
Topi Seleksi mengklaim bahwa kemurnian darah adalah faktor dalam menyeleksi Slytherin, walaupun hal ini tidak disebutkan sampai buku kelima.
Sampai akhir buku Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, kepala asrama adalah Profesor Severus Snape. Setelah Profesor Snape melarikan diri dengan Pelahap Maut, Profesor Horace Slughorn mengisi posisinya. Slughorn merupakan kepala asrama Slytherin untuk beberapa lama sebelum pensiun dan kembali ke Hogwarts pada tahun ke-6 Harry Potter. Setelah kekalahan terakhir Lord Voldemort, Slytherin tidak lagi mengunggulkan kemurnian darah, tidak lagi mempertahankan kemurnian darah. Walaupun begitu, reputasi gelapnya masih hidup.
Daftar penyihir dari Slytherin :
Draco Malfoy,
Lucius Malfoy,
Bellatrix Lestrange,
Pansy Parkinson,
Vincent Crabbe,
Gregory Goyle,
Blaise Zabini,
Tom Marvolo Riddle/Lord Voldemort,
Horace Slughorn,
Severus Snape,
Theodore Nott
Rodolphus Lestrange,
Phineas Nigellus Black,
Regulus Arcturus Black,
Di Hogwarts Siswa baru akan mendapatkan :
Seragam :
-Tiga setel jubah kerja sederhana (hitam)
-Satu topi kerucut (hitam) untuk dipakai setiap hari
-Sepasang sarung tangan pelindung (dari kulit naga atau sejenisnya)
-Satu mantel musim dingin (hitam, kancing perak)
-Setiap pakaian siswa harus ada label namanya.
Buku :
Kitab Mantra Standar (Tingkat 1) oleh Miranda Goshawk.
-Sejarah Sihir oleh Bathilda Bagshot.
-Teori Ilmu Gaib oleh Adalbert Waffling.
-Pengantar Transfigurasi bagi pemula oleh Emeric Switch.
-Seribu satu tanaman obat dan jamur gaib oleh Phyllida Spore.
-Cairan dan ramuan ajaib oleh Arsenius Jigger.
-Hewan-hewan fantastis dan dimana mereka ditemukan oleh Newt Scamander.
-kekuatan Gelap:Penuntun Perlindungan diri oleh Quentin Trimble.
Peralatan Lain :
-1 tongkat sihir
-1 kuali (bahan timah putih-timah hitam ukuran standar 2)
-1 set tabung kaca atau kristal
-1 teleskop
-1 set timbangan kuningan
Catatan :
*Siswa diizinkan membawa burung hantu, kucing atau kodok.
*Siswa kelas satu belum boleh memiliki sapu sendiri.
Mata Pelajaran di Tahun Pertama :
Astronomi
Pelajaran tentang planet dan tata surya
Mantra
Pelajaran tentang penggunaan mantra dalam kehidupan sehari-hari.
Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam
Pelajaran tentang makhluk-makhluk hitam, dan cara bertahan dari serangan ilmu hitam.
Herbologi
Pelajaran tentang tumbuh-tumbuhan sihir dan cara merawatnya.
Sejarah sihir
Pelajaran tentang sejarah dunia sihir.
Ramuan
Pelajaran tentang meracik ramuan ajaib.
Tranfigurasi
Pelajaran tentang mengubah bentuk suatu benda. Baik benda hidup atau benda mati

0 komentar:

Posting Komentar

.. Ayo Berkomentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...